Cara Belajar Desain

Cara Belajar Desain Bagi Pemula

IPR NewswireBelajar desain grafis bagi pemula sama dengan pelajar yang lainnya, bedanya, dalam desain grafis, kamu tidak dituntut untuk menciptakan desain yang menarik karena keilmuan ini berkaitan dengan selera.

Meskipun begitu, pada dunia kerja, selera desain tidak akan berlaku. Dalam dunia kerja, ada permintaan untuk menciptakan desain sesuai dengan keinginan klien. Entah itu dalam segi warna, tipografi, dan ilustrasi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Mual Saat Perjalanan

Cara Belajar Desain Bagi Pemula

Cara Belajar Desain Bagi Pemula

Belajarlah Dari Sekitarmu

Percaya atau tidak, inspirasi setiap orang ialah apa yang ada pada sekitaran mereka. Teori inilah yang akhirnya akan membentuk seorang desainer untuk membuat desain yang condong terhadap gaya desain tertentu. Namun, mencari inspirasi akan menjadi sangat sulit jika lingkungan sekitar tidak menyukai desain, untuk mengatasinya kamu mungkin bisa mengikuti media sosial dari beberapa desainer.

Mengumpulkan Desain Yang Menginspirasi

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika memutuskan untuk mempelajari desain grafis adalah dengan mengumpulkan karya orang yang kamu anggap menarik, kamu bisa mendapatkannya dari berbagai sumber, misalnya dari Pinterest atau Behance.

“Semua karya kreatif dibangun oleh apa yang terjadi sebelumnya”, kata Penulis Austin Kleon dalam TEDx”

Membedah Proses Desain

Salah satu hal yang mendasar dalam belajar desain grafis adalah membedah proses suatu desain. Karena dalam setiap proses desain kamu akan mempelajari bagaimana menggabungkan bentuk dan garis untuk membuat sesuatu.

Menganalisis proses di balik suatu desain akan membuat kamu dapat memahami langkah-langkah yang diperlukan dalam menghasilkan sebuah karya. Teruslah untuk membedah setiap desain agar otot-otot kreatif kamu bekerja.

Spesifikasi Pencarian

Permasalahan terbesar untuk seseorang yang memutuskan untuk mempelajari desain grafis tanpa guru adalah saat mengalami suatu kesulitan. Beruntungnya di zaman sekarang ini ada mesin pencarian yang dapat membantu kamu dengan mudah ketika akan memulai membuat desain sendiri.

Cara Belajar Desain Bagi Pemula

Buatlah Ulang Desain Yang Menurutmu Terbaik 

Desain yang indah, tidak terjadi hanya dalam sekali percobaan. Jika kamu ingin mempelajari desain grafis, cobalah untuk membuat ulang desain orang lain. Lakukan terus hingga apa yang kamu buat mirip dengan apa yang orang lain buat. Namun kamu juga harus mengingat adanya Hak Cipta. Kamu tidak memiliki hak untuk menyebarkannya dan mengklaimnya menjadi karyamu.

Terima Kritik dan Saran

Cobalah untuk menunjukkan karyamu ke orang lain dan mintalah mereka untuk memberikan kritik dan saran. Kritik dan saranlah yang membuat kamu akan semakin berkembang, kritik dan saran juga mampu membantumu untuk menilai desain dan gaya seperti apa yang diminati oleh banyak orang atau masyarakat luas. Itulah beberapa cara belajar desain bagi pemula, semoga dapat bermanfaat dan membantu..


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *